::::Label::::

Home Tips Puisi Software Friendship


Sejak langkah pertamanya, motebook telah melakukan beberapa lompatan sehingga ia kini memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan komputer desktop. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang perlu ditangani agar notebook Anda bebas dari masalah.


1. OS Mana yang Digunakan?

Walaupun Anda memerlukan notebook yang powerful untuk menggunakannya, fitur power-saving Windows XP yang komprehensif dapat dijadikan pilihan bagi Anda ang memiliki mobilitas tinggi. Jika Anda tidak tertarik dengan jajaran produk Microsoft, Linux dapat digunakan sebagai alternatif. Distro modern saat ini membuat instalasi pada notebook menjadi mudah. Untuk mengetahui beberapa tip instalasi Linux, Anda dapat mengunjungi www.linuxslate.org/ installtips.html.

2. Perjalanan.

Memastikan status baterai sebelum melakukan perjalanan merupakan hal yang baik, tetapi untuk keamanan pastikan juga bahwa notebook Anda dapat dinyalakan. Jika Anda berada di sekitar bandara udara, staf keamanan mungkin akan mengecek apakah laptop Anda dapat bekerja dan Anda dapat menyalakannya. Hal ini karena beberapa waktu yang lalu ada kecurigaan bahwa bom terdapat pada notebook yang tidak bekerja.

3. Pemeliharaan.

Performance memegang peranan cukup penting pada notebook Anda, semakin lama suatu proses diselesaikan maka semakin banyak power yang digunakan, sehingga pekerjaan yang dapat diselesaikan akan semakin sedikit. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kondisi notebook agar dapat bekerja sebaik mungkin. Jalankan ScanDisk dan Disk Defragmenter satu kali sebulan agar harddisk Anda berada dalam kondisi optimal.

4. Sepasang Baterai.

Jika notebook Anda dilengkapi dengan dua baterai, gunakan baterai secara bergantian. Jika tidak, baterai kedua (back up) akan kehilangan kemampuannya karena tidak digunakan untuk waktu yang lama. Jika baterai tidak akan digunakan lebih dari satu minggu, Anda harus menyimpannya pada tempat yang sejuk dan kering serta mengisi ulang sebelum menggunakannya. Walaupun notebook Anda biasanya menggunakan adaptor, Anda harus menggunakan baterai secara teratur agar kondisinya tetap baik.

5. Koneksi Modem.

Sistem telepon digital dapat membawa arus listrik, walaupun Anda tidak memiliki koneksi yang aktif. Oleh karena itu, cabut modem dari saluran telepon pada saat Anda tidak melakukan koneksi. Karena banyaknya modem PC Card yang sangat sensitif terhadap arus yang terdapat pada saluran digital, hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda untuk mengganti modem.

6. Mirroring.

Jika desktop Anda memiliki kapasitas harddisk yang memadai, buat image mirror dari harddisk notebook Anda. Jika pada suatu saat system mengalami masalah, Anda dapat menggunakan image tersebut untuk mengembalikan notebook ke kondisi semula.

7. Minuman.

Walaupun menggunakan notebook pada saat makan akan terasa nyaman, Anda sebaiknya tidak minum di dekat notebook. Percikan minuman dapat menimbulkan kerusakan fatal pada keyboard atau motherboard dan kerusakan semacam ini biasanya tidak termasuk dalam garansi.

8. Membersihkan Harddisk.

Kapasitas harddisk biasanya berada dalam kondisi yang mencukupi pada saat kali pertama digunakan. Jangan simpan informasi yang tidak Anda butuhkan. Kosongkan folder Deleted Items dan Sent Item, dan seleksi e-mail yang ingin disimpan. Anda juga sebaiknya membersihkan cache browser dan menghapus isi direktori Windows\Temp secara teratur.

9. Back up.

Jika Anda memiliki notebook dan PC desktop, membuat back up file-file penting dapat membantu Anda pada masa yang akan datang. Anda dapat menghubungkan notebook dan PC dengan beberapa cara, mulai koneksi serial sederhana sampai jaringan kecil.

10. Tas.

Jika ingin bepergian dengan notebook, ada baiknya jika Anda menggunakan tas notebook yang memiliki lapisan pelindung yang dapat mencegah timbulnya kerusakan pada saat notebook Anda membentur benda lain. Di samping itu, tas notebook Anda juga sebaiknya memiliki tempat untuk kabel tambahan dan komponen lainnya.

11. Uprade BIOS.

Pada PC desktop, mengupgrade BIOS dapat mengatasi masalah yang ada dan menambah fungsi baru. Pada notebook, meng-upgrade BIOS dapat memberikan dampak yang sangat berarti, seperti membantu suhu mesin agar tetap dingin, kemampuan baterai yang lebih baik, dan peningkatan kemampuan grafik. Meng-upgrade BIOS juga dapat memecahkan masalah inkompatibilitas yang mencegah sistem Anda melakukan hibernating sebagaimana mestinya. Anda dapat mengunjungi situs produsen notebook untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan file yang dibutuhkan.

12. Perlindungan.

Salah satu kelemahan notebook adalah mudah dicuri. Walaupun Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut, akan lebih baik jika Anda siap menghadapi situasi terburuk. Tulis nomor seri notebook Anda dan simpan bersama tanda terima. Anda juga perlu memeriksa apakah pihak asuransi akan menanggung notebook jika berada di luar rumah.

13. Panas.

Modul memori SDIMM mungkin akan cukup panas pada saat bekerja, tetapi jangan khawatir, mereka tidak perlu pendinginan tambahan kecuali jika Anda mencoba untuk meng-overclock notebook Anda. Jika panas yang dihasilkan mempengaruhi stabilitas sistem, Anda mungkin perlu mengganti memori.

14. Mengatur Profile Secara Manual.

Profile hardware membuat peralihan docked dan undocked berjalan mulus. Nyalakan notebook Anda dan boot ke Windows. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Pilih tab Hardware Profile pada layar System Properties. Ganti nama Original Configuration menjadi Docked. Pilih profile Docked dan tekan Copy. Beri nama profile tersebut Undocked. Klik tab Device Manager dan klik ganda pada perangkat yang tidak ada pada saat Undocked. Klik kotak Undocked untuk menghilangkannya.

15. Umur Baterai.

Sering ada pemahaman yang salah bahwa baterai notebook didesain untuk memiliki umur yang sama dengan notebook itu sendiri. Kenyataannya, kebanyakan baterai isi ulang (rechargeable) hanya bertahan dua tahun. Namun, hal tersebut tergantung pada teknologi yang digunakan dan bagaimana Anda merawatnya. Indikator yang dapat digunakan adalah jika baterai Anda memiliki masa pakai ¼ kali sebelumnya. Jadi, jika pada saat kali pertama baterai Anda dapat digunakan selama dua jam, dan kini hanya setengah jam, sudah saatnya Anda membeli baterai baru. Baterai Nickel-Cadmium (NiCad) dapat diisi ulang sampai 700 kali, tetapi ia memiliki efek memori, yaitu ia akan mengisi sampai ke tingkat terakhir kali ia diisi. Solusinya adalah dengan membuang semua muatan baterai sampai notebook Anda mati, baru kemudian mengisi ulang. Baterai Nickel-Metal Hydride (NiMH) tidak memiliki efek tersebut, tetapi hanya dapat diisi ulang sampai 500 kali. Teknologi baterai yang lebih baru, yaitu Lithium-Ion (LiIon), dapat bertahan sampai 5 tahun dan dapat diisi ulang lebih dari 1000 kali. Namun, baterai ini memiliki harga yang mahal.

16. Perangkat Pointing.

Walaupun beberapa orang memilih touch pad, ia hanya digunakan pada saat di perjalanan. Kebanyakan orang menggunakan mouse dalam melakukan aktivitasnya. Pada saat menggunakan mouse, ada baiknya jika Anda men-disable perangkat pointing tersebut (untuk mencegah bergeraknya pointer oleh telapak tangan Anda). Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka Device Manager, expand branch Mouse, pilih perangkat pointing default, klik Properties dan beri tanda pada Disable in this hardware profile option.


Diposkan oleh To Be Your Self Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum